About Me

My photo
Hidup ku adalah melakukan segalanya untuk kebermanfaatan Hidup ku adalah selalu bersyukur atas segala nikmat Allah. Hidupku adalah menjalankan segalanya dengan penuh rasa tanggung jawab dan kelapangan hati dan fikiran Hidupku adalah nikmat yang harus selalu meminta keberkahan sang Pencipta. " Menjadi apa yang kita mau akan terasa mudah jika kita meyakini dan mensyukuri"

Thursday, August 27, 2009

Cara Mengubah Magnet NEgatif Pada Diri

Bila kita berbicara tentang kepribadian manusia maka akan terlintas dua sisi mata uang yaitu sisi terang (positif)dan gelap (negative). Sisi terang adalah sisi di mana seseorang memilki kepribadiaan yang di sukai oleh dirinya maupun orang lain, setiap orang pastinya memilki keseimbangan konsep diri yang positif, namun ternyata ada juga sisi negative yang terdapat pada diri yang kadang kita menyukainya untuk dilakukan padahal kita tahu itu tidak seharusnya dilakukan, karena kita terjebak akan kenikmatan yang menguasi diri dan citra diri yang melekat. Untuk itu seseorang harus memperkuat konsep dirinya dengan meningkatkan terus konsep diri positif dan menekan terus yang negatifnya.

Apakah anda tahu bahwa 88% kekuatan berfikir ada di otak bawah sadar. Dalam fikiran otak bawah sadar tersimpan semua ingatan dan kebiasaan baik kepribadiaan serta citra diri kita. Kepercayaan diri berasal dari citra diri, dan citra diri berawal dari “self-talk”, seperti contoh saat si A mengatakan pada dirinya sendiri “Aku tidak kreatif. Self talk bisa memperkuat dan melemahkan citra diri setiap orang. Apa yang kita fikir tentang diri kita yang bakal masuk ke dalam bawah sadar dan akan balik lagi pada diri kita. Saat si A tadi mengatakan “Aku tidak kreatif” maka Mulai saat itu fikiran bawah sadar dia mengambil alih dan memberi tahu si A jika dia tidak kreatif dan setiap kali kita mencoba menciptakan sesuatu, maka kata “aku tidak kreatif” muncul dari bawah sadar masuk ke dalam fikiran sadar membuat kita menjadi orang yang tidak kreatif. Namun semua itu bisa diprogram ulang menggunakan teknik Alpha, dengan berusaha memprogram fikiran kita dengan “Self-Talk” tadi. Kita lakukan “self-talk” dengan kata-kata positif. Saat melakukan “Self-talk” mungkin itu terjadi di dalam fikiran sadar tapi fungsinya adalah mengelabui fikiran bawah sadar kita untuk melakukan hal apapun yang bermanfaat bagi kita, Terutama jika ada pekerjaan yang membosankan yang harus dilakukan, atau seperti contoh membuat sesuatu yang kreatif tadi, mau tidak mau harus mengelabuinya dengan fikiran bahwa itu adalah sesuatu yang menarik dengan mengatakan :
“Saya orang yang kreatif” x 100 x 10000 x 100000 —–> hingga masuk ke otak bawah sadar dan mau menciptakan sesuatu yang kreatif.

Tentunya dengan latihan dan semangat yang kuat pada akhirnya akan bisa merubah “Citra diri”. Hal ini juga yang sering diperlihatkan di Film Dorama Jepang, pernah nonton dorama berjudul “Rookies” ?. Dengan keyakinan kuat dan usaha yang kuat mereka mempertahankan “Citra Diri” mereka dan terus mengatakan pada dirinya bahwa mereka pasti bisa membentuk tim baseball yang kuat, walaupun pada awalnya mereka tidak yakin dengan tim mereka, dan sekolah lain menganggap mereka adalah tim tukang berkelahi, tetapi dengan berusaha dan berusaha menghadapi berbagai macam kegagalan dan latihan dan percaya mereka pasti bisa, pada akhirnya walaupun tidak berhasil seusai yang diinginkan tapi mereka mendapatkan pengalaman yang berharga dan bisa mengalahkan fikiran pesimis diri mereka sendiri dan orang lain, fikiran bawah sadar adalah inti dari “Mindset” seseorang. Jadi sebuah perubahan yang baik itu ada pada kesadaran akan diri sendiri karena sesuatu yang sulit kita taklukan serta musuh terbesar kita adalah diri kita.
……1…..
Saya melihat kepribadiaan sebagai sesuatu anugerah dan kenikmatan yang Allah SWT berikan dalam hidup, setiap manusia pasti memilki watak yang berbeda dan pastinya setiap manusia adalah pribadi yang baik, hanya saja terkadang mindset dan kita sendiri yang mencap diri kita berkepribadiaan buruk, kita yang selalu berfikir bahwa kita adalah sosok pribadi yang banyak kekurangan. Bila saja manusia dapat meningatkan akan pemahaman diri yang ada pada dirinya maka manusia pastinya akan selalu bersyukur akan apa yang ia miliki.
Bila saya bercermin dan intropeksi akan kepribadiaan diri maka sikap negatif atau sisi gelap yang mesti saya tekan untuk dapat saya mengubahnya, yaitu :

1. Tubuh saya yang kurus : Setiap orang pasti ingin memiliki fisik yang sempurna, tapi terkadang kita suka lupa bahwa fisik bukanlah segala-galanya, saya tidak akan memaksakan diri tapi saya selalu meyakini diri dan berusaha untuk dapat menggemukan badan dengan program pola makan teratur, berolahraga teratur, minum air yang cukup serta menghindari pikiran yang membuat stress. Contohnya : Berat badan tubuh saya pada bulan Feb-April naik 3 kg karena saya meyakinkan diri bahwa saya bisa menggemukan badan dengan pola makan dan olahraga teratur dan menyeimbangkan hidup lebih sehat serta dengan mengelabui pikiran bawah sadar bahwa setiap apa yang terjadi saya harus selalu bersyukur sehingga itu menjauhkan saya dari sikap stress.
2. Bau badan yang kurang sedap : Saya adalah anak yang suka beraktivitas sehingga terkadang minyak wangi dibadan saya tidak mampu menahan keringat yang berlebih, cara yang saya lakukan adalah membawa minyak wangi dan memakai MBK atau yang paling ampuh dobel baju sehingga bau keingat tidak langsung menyengat.
3. Memaksakan keinginan : Terkadang saya suka tidak mau mengalah untuk sesuatu yang saya yakinin atau saya anggap benar walau yang saya lakukan terlihat egois. Saya terkadang tidak mau mengakui kesalahan yang saya lakukan khususnya di lingkungan keluarga, sikap suka memaksakan keinginan terbentuk dari catatan kehidupan saya yang selalu dimanja dan selalu dituruti segala kemauan yang saya ingingkan dirumah. Apa yang aku inginkan harus aku dapatkan.
4. Mudah Terpengaruh : Saya terkadang sangat mudah terpengaruh atas sesuatu yang saya anggap menarik kadang tanpa difilter, khususnya suatu tawaran atau sebuah pernyataan yang di dapatkan. Contoh : bila ada teman yang yang menawarkan sesuatu bisnis, terkadang saya bisa langsung ikut tanpa berfikir panjang.
5. Manja : Terkadang saya tidak mandiri dalam melakukan seseuatu saya perlu arahan atau perintah dari orang lain bila melakukan sesuatu dan bantuan langsung atau tidak dalam melakukan sesuatu.
6. Pelupa : Ini adalah sikap yang memang lumrah, tapi terkadag ini menjadi masalah dalam hidup saya saat sesuatu yang penting seprti berkas-berkas, kacamata. HP, Flashdisc lupa saya letakkan.

No comments:

Post a Comment

Swety_Honey_Bee.. Winnie..

Swety_Honey_Bee.. Winnie..

WINNIE



Get your myspace layouts where I get them, at pYzam.com.
MySpaceLayouts

Pembicara di PLMJ Kampus..

Pembicara di PLMJ Kampus..