PENGARUH PENGELOLAAN KOLEKSI BUKU DAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP FREKUENSI KUNJUNGAN SISWA KE PERPUSTAKAAN SEKOLAH SMK BATIK I SURAKARTA
Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2008.
http://digilib.fkip.uns.ac.id/contents/skripsi.php?id_skr=72
Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2008.
http://digilib.fkip.uns.ac.id/contents/skripsi.php?id_skr=72
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara pengelolaan koleksi buku terhadap frekuensi kunjungan siswa ke perpustakan sekolah SMK Batik I Surakarta, (2) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara pelayanan perpustakaan terhadap frekuensi kunjungan siswa ke perpustakaan sekolah SMK Batik I Surakarta, (3) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara pengelolaan koleksi buku dan pelayanan perpustakaan secara bersama-sama terhadap frekuensi kunjungan siswa ke perpustakaan sekolah SMK Batik I Surakarta. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi adalah seluruh siswa kelas II yang terbagi menjadi tiga jurusan yaitu: Akutansi, Administrasi Perkantoran, Penjualan dengan jumlah keseluruhannya 351 siswa, dengan sampel berjumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi linear ganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara pengelolaan koleksi buku terhadap frekuensi kunjungan siswa ke perpustakaan sekolah SMK Batik I Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan harga rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,448 > 0,235 pada taraf signifikasi 5%. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara pelayanan perpustakaan terhadap frekuensi kunjungan siswa ke perpustakan sekolah SMK Batik I Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan harga rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,362 > 0,235 pada taraf signifikasi 5%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara pengelolaan koleksi buku dan pelayanan perpustakaan secara bersama-sama terhadap frekuensi kunjungan siswa ke perpustakaan sekolah SMK Batik I Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung lebih besar dari Ftabel atau 12,675 > 3,14 pada db 2 Vs 67 dan taraf signifikan 5%. Temuan lain yang dapat dilaporkan dari penelitian ini adalah persamaan garis regresi linear ganda Ŷ = 13,032 + 0,418 X1 + 0,346 X2. Hal ini berarti bahwa rata-rata satu unit frekuensi kunjungan siswa ke perpustakaan sekolah (Y) akan meningkat atau menurun sebesar 0,418 untuk setiap peningkatan atau penurunan satu unit pengelolaan koleksi buku (X1) dan juga akan meningkat atau menurun sebesar 0,346 untuk setiap peningkatan atau penurunan satu unit pelayanaan perpustakaan (X2). Besarnya sumbangan yang diberikan oleh masing-masing variabel adalah: (1) Sumbangan relatif pengelolaan koleksi buku (X1) terhadap frekuensi kinjungan siswa ke perpustakaan sekolah (Y) sebesar 63,30%. (2) Sumbangan relatif pelayanan perpustakaan (X2) terhadap frekuensi kunjungan siswa ke perpustakaan sekolah (Y) sebesar 36,70%. (3) Sumbangan efektif pengelolaan koleksi buku (X1) terhadap frekuensi kunjungan siswa ke perpustakaan sekolah (Y) sebesar 17,38%. (4) Sumbangan efektif pelayanaan perpustakaan (X2) terhadap frekuensi kunjungan siswa ke perpustakaan sekolah (Y) sebesar 10,07%.
No comments:
Post a Comment