About Me

My photo
Hidup ku adalah melakukan segalanya untuk kebermanfaatan Hidup ku adalah selalu bersyukur atas segala nikmat Allah. Hidupku adalah menjalankan segalanya dengan penuh rasa tanggung jawab dan kelapangan hati dan fikiran Hidupku adalah nikmat yang harus selalu meminta keberkahan sang Pencipta. " Menjadi apa yang kita mau akan terasa mudah jika kita meyakini dan mensyukuri"

Thursday, January 20, 2011

Selayang Pandang Magang at SDN SN UKS 13 dan 17 Pagi








Banyaknya permasalahan yang terjadi ditingkat operasional pendidikan memacu terlaksananya peran langsung dari pihak akademisi dalam hal ini mahasiswa sebagai bahan perbandingan antara teori yang didapat dari hasil studi pustaka dengan melihat operasional langung dilapangan tentang pelaksanaan pendidikan pada tingkat institusi atau sekolah sebagai ujung tombak dari system pendidikan nasional.

Dalam kesempatan ini, kami memutuskan untuk menyelenggarakan kegiatan PPL ini di Sekolah Dasar. Hal itu kami putuskan karena dianggap pada jenjang SD proses manajemen penyelenggaran sekolah masih sangat kompleks karena penerapan kebijakan pemerintah tentang Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) yang beberapa tahun ini mulai disosialisasikan belum dilaksanakan sepenuhnya oleh sekolah, sehingga sekolah harus dituntut untuk menyelenggarakan proses pembelajaran sekaligus dengan proses manajemen penyelenggaraan pendidikan. Hal ini sangat tepat jika kelompok yang notabene berasal dari jurusan Manajemen Pendidikan untuk dapat membantu sekolah dalam menghadapi permasalahan di sekolah terkait pelaksanaan manajemen di sekolah. Kami memilih SD dalam kegiatan praktek mengajar di Sekolah Dasar karena kami melihat anak-anak usia sekolah dasar mempunyai permasalahan yang kompleks dalam proses pembelajaran. Hal itulah yang membuat kelompok kami tertantang untuk dapat menganalisis proses pembelajaran seperti apa yang membuat peserta didik aktif dan termotivasi untuk belajar.

Dalam penyelenggaraan Program Praktek Lapangan (PPL) ini kelompok mendapatkan tempat untuk praktek di dua sekolah yaitu, SDSN Utan Kayu Selatan 13 dan SDSN Utan Kayu Selatan 17 yang kedua-duanya berada di bawah institusi Suku Dinas Pendidikan Dasar Jakarta Timur, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Anggota kelompok dibagi kedalam dua tim kecil yang masing-masing ditempatkan di SDSN Utan Kayu Selatan 13 dan SDSN Utan Kayu Selatan 17, hal ini dikarenakan jumlah anggota kelompok yang sangat banyak sehingga dianggap kurang efektif jika dalam satu kelompok hanya ditempatkan dalam satu sekolah. Dengan dibaginya kami di dua sekolah akan dijadikan bahan perbandingan dari pemenuhan standar-standar pendidikan, apalagi jika dilihat kedua sekolah ini sudah berstandar nasional yang juga sudah mempunyai ketetapan sendiri.

Ruang Lingkup laporan kegiatan magang di sekolah, mencakup aktifitas pengamatan, partisipasi dalam pelaksanaan manajemen sekolah dan PPL.


A. Aktivitas Dalam Operasional Sekolah

Dalam rangka memperoleh pengalaman langsung dalam mengoperasikan manajemen di sekolah dan mengidentifikasi permasalah manajerial dan sekaligus merumuskan gagasan perbaikan manajemen di sekolah yang sesuai dengan tujuan kegiatan magang di sekolah yang kami lakukan. Adapun rangkuman kegiatan selama melaksanakan magang di sekolah diantaranya :

1. Menata administrasi kesiswaaan yaitu melakukan proses administrasi yang terkait dengan manajemen kesiswaan mulai dari pengaturan dan pengorganisasian nomor induk siswa sampai kepada menginput data yang terkait dengan kesiswaan

2. Menyusun manajemen kurikulum dengan menyusun program-program yang terkait dengan manajemen kurikulum yang dikelola langsung oleh sekolah, seperti memutakhirkan kembali jadwal pelajaran yang dihitung dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran, diberikan bimbingan dan melakukan observasi mengenai cara penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang notabene merupakan kurikulum yang disusun sendiri oleh satuan pendidikan atau sekolah, melakukan pengaturan waktu istirahat dan pergantian jam belajar sesuai jadwal yang telah ditentukan, mengawasi pelaksanan UTS dan melakukan analisis butir soal setelah melakukan UTS dan ulangan harian. Menginput nilai UTS dan UH siswa dan mengisi raport bayangan.

3. Penataan administrasi terkait sarana dan prasarana sekolah yaitu mengatur kembali sarana dan prasarana sekolah seperti inventarisir barang atau fasilitas pembelajaran yang dimiliki oleh sekolah, selain itu kelompok melakukan observasi terkait sarana prasarana yang dapat menjadi bahan pembelajaran tentang pemenuhan standar sarana dan prasarana yang merupakan salah satu dari delapan standar nasional pendidikan.

4. Ikut serta dalam program sekolah yaitu menjadi koordinator kelas saat kegiatan studi banding ke Planetarium dan Kebun Raya Binatang Ragunan.

5. Ikut serta dalam persiapan kegaiatan PMR pemula sekolah yang dilaksanakan di Cibubur.

6. Penyusunan pembuatan soal UTS untuk diketik dan didistribusikan saat UTS.

7. Mengikuti rapat persiapan untuk perpindahan sekolah

8. Melakukan pemindahan-pemindahan barang-barang dan dokumen terkait dengan pindah sekolah sementara karena renovasi.

B. Pelaksanaan PPL

Program Praktek Lapangan ( PPL ) memang telah menjadi kebijakan yang diterapkan oleh pihak Universitas Negeri Jakarta sebagai bentuk pemberian pengalaman kepada mahasiswa dalam mengaplikasikan kuliah yang didapat di dalam kelas dan dibentuk untuk membantu pihak sekolah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi terkait dengan penyelenggaraan pendidikan pada tingkat institusi. Adapun rangkuman kegiatan PPL diantaranya :

1. Membuat jadwal PPL dan menyelesaikan dokumen untuk PPL

2. Persiapan untuk mengajar di kelas dengan melakukan persiapan hala-hal yang diperlukan untuk mengajar, seperti melakukan observasi langsung ke kelas yang akan diajarkan, melakukan koordinasi dengan guru pamong terkait proses pembelajaran yang akan ditempuh sampai penetapan jadwal mengajar.

3. Mengajar / tatap muka di kelas. Mengajar di kelas dengan mata pelajaran dan kelas yang berbeda antar anggota kelompok yang satu dengan yang lain, dalam proses pelaksanaan pembelajaran kelompok dibimbing oleh satu orang guru pamong yang membantu melakukan persiapan mulai dari pengalokasian waktu dan jadwal sampai kepada arahan dalam pembuatan RPP yang relevan dengan mata pelajaran yang sedang dijalani oleh siswa. kami pun melaakukan penialain kepada siswa dan remidial kepada sekolah.

4. Menggantikan guru kelas yang berhalangan hadir karena tugas dinas untuk mengajar di kelas tertentu.

5. Melakukan pengamatan dan menggunakan sumber belajar dan perpustakaan untuk mengajar.

6. Ujian PPL dilaksanakan selama satu hari penuh dimana setiap anggota kelompok memliki alokasi waktu mengajar selama 2 jam pelajaran, dalam pelaksanaannya ujian di damping oleh guru pamong dan dosen pembimbing.

7. Proses pengumpulan data terkait pelaksanaan PPL yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai bahan penyusunan laporan PPL nantinya menyelesaikan berbagai macam administrasi yang belum terselesaikan.

8. Perpisahan PPL ini dilakukan dalam rangka menutup seluruh rangkaian kegiatan PPL di sekolah, perpisahan dilakukan setelah kegiatan upacara bendera hari senin di SDN SN UKS 17 Pagi dan hari jum’at di SDN SN UKS 13 Pagi, berjalan dengan lancar.


By : Kelompok Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta_MP UNJ 2007_Novita Amelia

1 comment:

Swety_Honey_Bee.. Winnie..

Swety_Honey_Bee.. Winnie..

WINNIE



Get your myspace layouts where I get them, at pYzam.com.
MySpaceLayouts

Pembicara di PLMJ Kampus..

Pembicara di PLMJ Kampus..