About Me

My photo
Hidup ku adalah melakukan segalanya untuk kebermanfaatan Hidup ku adalah selalu bersyukur atas segala nikmat Allah. Hidupku adalah menjalankan segalanya dengan penuh rasa tanggung jawab dan kelapangan hati dan fikiran Hidupku adalah nikmat yang harus selalu meminta keberkahan sang Pencipta. " Menjadi apa yang kita mau akan terasa mudah jika kita meyakini dan mensyukuri"

Friday, August 19, 2011

Sekilas makna “Total Mind Learning”

Aktifkan Kemampuan TML Anda!!!


Secara konsep TML mengandung 3 komponen yang mampu menggambarkan sedikitnya kilasan tentang pengertian :
1. Sikap mental adalah karakter yang dimiliki setiap individu memotivasi diri rasa keingintahuannya dalam kegiatan pembelajaran.
2. Metodologi adalah sebuah cara-cara tertentu dalam menemukan jawaban atas rasa keingintahuan seseorang sehingga memunculkan perubahan ketidaktahuan menjadi tahu.
3. Teknologi adalah strategi atau alat yang digunakan untuk mempermudah dalam pembelajaran untuk menemukan jawaban atas rasa ketidaktahuan.
Dapat dikatakan bahwa TML adalah metode pembelajaran pembaharuan yang melibatkan seluruh bagian pikiran. TML dapat digambarkan menjadi siklus sebagai berikut :

Pada sikus pertama dapat dikatakan bahwa sikap mental yang dimiliki oleh setiap orang mampu mempengaruhi kognitifnya. Dapat diartikan bahwa anak harus didorong untuk terus menggali potensi yang ada dalam dirinya sehingga, guru yang dilalahnya adalah seorang pendidikan dapat terus mendukung anak dalam menemukan minat dan bakat yang ia gemari, sehingga hal ini mampu memebuat anak terus meningkatkan kognitifnya.
Pada siklus kedua dapat dikatakan bahwa anak yang memiliki kecerdasan yang baik pada suatu minat akan membuat sikap mentalnya terus berkembang, yaitu anak akan terus memotivasi dirinya untuk menggali informasi terhadap ketidaktahuannya. Dapat dicontohkan bahwa anak yang menyukai mata pelajaran Fisika, akan membuat dirinya terus terdorong untuk terus menggali informasi dan memenuhi rasa ingin tahunya terhadap sesuatu yang ia sukai. Hal ini akan memotivasi anak untuk terus meningkatkan kecerdasan kognitifnya pada sesuatu yang ia sukai.Dapat dikatakan bahwa kecerdasan pada sustu bidang tertentu akan membuat anak terus menggali informasi atas ketidaktahuannya.

TML secara termonologi terdiri dari dua kata :
1. Learning
Learning pada prinsipnya adalah adalah kunci utama untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Menurut Alvin Toffler penulis buku Future Shock, learning adalah sebuah proses mempersiapkan diri untuk menghadapi situasi baru. Berbeda dengan Krystyna Weinstein yang mengatakan bahwa learning itu pada dasarnya upaya seseorang untuk melakukan sesuatu yang berbeda dengan cara berbeda. Usaha tersebut diantaranya : menemukan pengetahuan baru, informasi baru, menggali alasan baru, menjadi ornag yang kebih baru, mendapatkan pengalaman baru.
Hanya learning yang dapat membantu untuk memenuhi tuntutan perubahan dan kebutuhan. Untuk ememnuhi kebutuhan yang terus bertambah dibutuhkan jurus khusus atau keahlian khusus. Maka diperlukan learning untuk mendapatkannya.
Peter Senge mengatakan ada dua model learning yang biasa dilakukan :
a. Generative Learning adalah kondisi ketika seseorang melakukan proses perubahan menuju arah yang lebih baik berdasarkan keinginan yang hendak diwujudkan baik dalam bentuk cita-cita, impian , visi dan harapan.
b. Adaptative Learning adalah kondisi ketika seseorang melakukan proses perubahan kearah yang lebih baik berdasarkan hambatan, keterbatasan dan rintagan yang dihadapi dalam praktik kehidupan.
2. Total Mind adalah memaksimalkan fungsi otak secara menyeluruh untuk dapat memunculkan ide-ide pikiran serta daya ingat dan konsentrasi sehingga proses pembelajaran dapat menhasilkan hasil yang maksimum.


Created By : Novita Amelia

1 comment:

Swety_Honey_Bee.. Winnie..

Swety_Honey_Bee.. Winnie..

WINNIE



Get your myspace layouts where I get them, at pYzam.com.
MySpaceLayouts

Pembicara di PLMJ Kampus..

Pembicara di PLMJ Kampus..